Pola Makan Diet : Makan 5-6x sehari

Posted by Rico S Monday, January 28, 2013 1 comments
pola makan diet

Banyak orang yang masih binggung dengan menentukan pola makan yang benar ketika program diet.Apakah hanya makan 1x sehari? Ada yang bilang, ketika diet hanya boleh makan di siang hari.Ada juga yang bilang hanya boleh makan buah ketika diet.Kalau begitu, sungguh menyiksa sekali menjalankan diet.Tetapi apakah itu benar?

Yang perlu diingat ketika diet adalah :
Diet itu enak...
Diet itu tidak bikin lapar dan tidak menyiksa...
Diet itu adalah bagian dari hidup sehat...

Pola makan yang benar ketika menjalani program diet adalah makan sebanyak 5-6x dalam sehari.Terdengar gila? Berikut pembahasan mengapa kita harus makan lebih sering ketika diet.Ingat! makan lebih sering bukan makan lebih banyak!

Setelah kita mengetahui, kebutuhan kalori kita perhari (setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, untuk menghitungnya dapat dilakukan di ).Misalkan kebutuhan kalori 2500 Kal per hari, maka diet yang benar dan efektif adalah kita harus mengurangi 500Kal per hari, jadi kebutuhan kalori yang harus masuk ke dalam tubuh kita adalah 2000 Kalori agar kita dapat melakukan proses metabolisme yang sempurna dan menjalankan aktivitas kita tanpa mudah merasa lelah.Nah, 2000 Kalori ini kita bagi menjadi makan sebanyak 5x yaitu 2000 : 5 : 400 Kalori/makanan.

Sebelum pembahasan lebih lanjut, kita akan membahas 2 point utama yang digunakan sebagai dasar mengapa kita harus makan lebih sering.

1.Apa itu lemak

lemak tubuh
Definisi Lemak
 
Lemak itu adalah bentuk cadangan energi yang disimpan tubuh.Pertanyaan yang sering diajukan adalah, apakah dengan tidak mengkonsumsi makanan berlemak berarti tubuh kita bebas lemak? Jawabannya Tidak

Lemak itu tercipta ketika makanan yang masuk melebihi apa yang tubuh kita dapat serap, makanya seringkali kita dengar pepatah " Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang"

2.Tidak makan berarti tubuh bebas lemak ?

Tidak makan membuat tubuh tidak membakar lemak

Pernyataan di atas adalah kesalahan total.Ketika badan manusia mengalami situasi kelaparan maka tubuh otomatis akan masuk ke sistem darurat.Tenaga yang dikeluarkan tubuh tidak boleh terlampau tinggi dan persediaan lemak dijaga.Mungkin pernyataan ini dapat dianalogikan dengan sistem ekonomi agar kita lebih mudah mengertinya.Ketika lagi krisis/inflasi tinggi, maka cadangan uang harus kita jaga karena kalau cadangan uang kita habis maka kita akan benar-benar habis total.

Kita harus menghindari makan yang hanya sekali/dua kali dalam sehari, karena tubuh akan berfikir kita masih dalam keadaan lapar tetapi mendapatkan bantuan makanan sehingga dia terus melakukan penyimpanan energi cadangan.Atau dapat dikatakan, tubuh tidak melakukan proses metabolisme sempurna tetapi yang terjadi adalah penumpukan lemak kembali.

Tubuh memiliki sistem yang sangat sempurna yang dapat membaca apakah kita sedang dalam proses kelaparan atau kita sedang dalam proses normal.Inilah alasan mengapa banyak orang yang terkurung/terjebak di reruntuhan gedung tetapi dapat bertahan hidup hingga 4-5 hari meskipun tidak makan sekalipun.

***

Sekarang kita kembali ke topik pembahasan, mengapa kita harus makan 5-6x dalam sehari.Setelah memecah jumlah kalori menjadi 400 kalori per jam makan kita.(Ingat, 400 kalori itu keseluruhan yang harus kita makan, bukan 400kalori per jenis makanan)

Kita tentu pernah mendengar kalimat "Beli ketika butuh, Pakai ketika perlu.", hal itu akan kita terapkan kepada tubuh kita.400kal itu diperkirakan cukup untuk tubuh kita melakukan aktifitas tanpa memberikan banyak peluang untuk menciptakan lemak.

Apakah makan 5-6x dapat membuat kita lapar? Tentu saja tidak karena itu yang dibutuhkan oleh tubuh kita, tetapi seringkali kita lapar mata sehingga makan dan terus makan tanpa bisa mengontrol berapa kalori yang sudah masuk kedalam tubuh.

Makan 5-6x perhari itu juga mendorong produksi insulin di dalam tubuh kita.Insulin adalah hormon yang kita butuhkan untuk membantu merubah karbohidrat, lemak dan protein menjadi tenaga.

Dan yang perlu diperhatikan di dalam mengatur pola makan kita ketika menjalani program diet adalah tubuh kita memerlukan protein yang jauh lebih besar dibandingkan dengan karbohidrat atau lemak.Perbandingan protein : karbohidrat : lemak dalam program diet adalah 6 : 3 : 1, kita tetap membutuhkan karbohidrat maupun lemak sebagai sumber energi kita.

Jadi apabila kebutuhan kalori kita perhari adalah 2000 Kalori maka jumlah protein yang harus dikonsumsi adalah 1200Kal, karbohidrat 600kal dan lemak sebanyak 200kal.


makan lebih sering
Makan lebih sering akan membuat proses metabolisme sempurna

Berikut adalah salah satu contoh pola makan yang benar ketika menjalankan program diet :

Sarapan (07:00) : segelas susu whey protein + 2 telur rebus
Snack pagi (10:00) : satu buah apel
Makan siang (12:30) : Nasi merah 200gr + dada ayam kukus + Tahu + Tempe
Snack sore (15:30) : satu buah Pisang atau 3pc tempe bacem
Makan Malam (19:00) : 2pc dada ayam bakar tanpa kulit

Catatan:
  • Makanan yang ideal adalah makanan yang rendah lemak, rendah karbohidrat dan tinggi protein. Jenis makanan berlemak adalah yang digoreng, jenis makanan yang memiliki sifat karbohidrat simple adalah nasi putih, roti putih, gula, kue, es krim dan biskuit; sedangkan karbohidrat yang bisa dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, ubi, roti gandum. Makanan berprotein adalah ayam, ikan, sapi, putih telur, tahu tempe.
  • Pengolahan daging boleh dimasak dengan direbus, dibakar, atau dipanggang asal tidak digoreng dengan minyak, menggunakan bumbu sarat lemak atau menggunakan gula.Garam diperbolehkan, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil (garam diet lebih disarankan).
  • Porsi menu diatas dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh kita.
  • Waktu untuk mengkonsumsi menu di atas tidak mengikat, dapat disesuaikan dengan aktifitas kita. Yang penting usahakan makan 5-6x sehari dalam porsi yang kecil.

Jadi tidak ada lagi alasan diet itu bikin lapar, karena diet yang benar adalah kondisi tubuh kita diharuskan kenyang.Mari kita berdiet !!!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pola Makan Diet : Makan 5-6x sehari
Ditulis oleh Rico S
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sedangdiet.blogspot.com/2013/01/pola-makan-diet-makan-5-6x-sehari.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

arin karangkandri said...

Sungguh sangat membantu artikel ini .

Post a Comment

| Copyright of program diet .