Bagaimana Memulai Program Diet

Posted by Unknown Monday, January 28, 2013 2 comments
memulai program diet

Mungkin sebagian orang masih binggung, bagaimana memulai program diet yang efektif? Berikut ini adalah tips yang berguna untuk memulainya.

1.Tentukan motivasi pribadi untuk diet yang kita akan jalani

motivasi diet
Motivasi adalah dasar dari program diet kita
Sebagus apapun program diet yang kita buat, tanpa didasari motivasi yang kuat pasti akan kembali gagal dan gagal lagi.Oleh karena itu, motivasi adalah dasar atau tiang pancang dari program diet.Sehingga apabila di tengah perjalanan, kita merasa jenuh dan lelah ada baiknya kita mengingat kembali motivasi kita agar memiliki semangat kembali.

Tentu saja, setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda.Ada yang ingin memiliki badan proporsional layaknya atlet atau publik figur , ada yang ingin mengurangi berat badan agar tidak terkena penyakit kronis, ada yang ingin tampil lebih baik di hadapan pasangannya bahkan ada yang ingin mengurangi berat badan hanya untuk menggunakan pakaian yang diidam-idamkan.

Apabila tidak memiliki motivasi, yang terjadi adalah selalu menunda program diet.
Saya mau kurus ah, tapi dimulai dari besok saja.Saya jamin, besok bakal diet dan berolahraga.
dan yang terjadi adalah : besok kita menjadi malas untuk berdiet karena memiliki sejuta alasan penundaan dan berpikir bahwa masih mempunyai waktu untuk keesokan harinya lagi.setuju? pastinya...

Dan sebagai renungan tambahan untuk motivasi :

Mengapa kita berniat untuk ibadah ke masjid, gereja, pura ataupun vihara ? Karena kita menghormati Tuhan dan menjaga hati serta iman yang telah diberikan NYA untuk kita, benar ?

Selain diberikan hati yang bersih, sepertinya sang pencipta juga menitipkan tubuh yang baik, liver yang bersih dari kolesterol, paru-paru bebas dari asap rokok.Kenapa kita tidak berniat untuk menjaganya.Jadi selama kita ingat dan takut akan sang pencipta, kita juga harus selalu ingat bahwa kita tidak hanya dititipkan hati dan iman tetapi juga dititipkan tubuh yang sehat dan baik rupanya.Tidak percaya? coba dicari foto kita ketika baru lahir.

Jadi apa motivasi mu di dalam menjalankan program diet?

2.Mengetahui bentuk tubuh kita

bentuk tubuh kita
Termasuk yang manakah bentuk tubuh kita ?

Berat badan dan bentuk tubuh saling berhubungan, tapi keduanya tidak sama.Kita mewarisi salah satu bentuk tubuh alami, tapi tergantung pada dimanakah pertambahan berat badan kita cenderung terkonsentrasi, di bagian atas atau bawah tubuh atau termasuk kategori proporsional.

Makna dari Bentuk Tubuh Anda dari gambar di atas
Bagian Atas
Lemak terkonsentrasi di tubuh bagian atas, seperti : wajah, leher, dada dan pinggang. Ini terjadi pada wanita dan hampir semua pria.
•Lemak tubuh pada bagian atas biasanya dikarenakan pola makan yang salah dan kurang berolah raga.
•Lemak di sekitar pinggang biasanya menandakan adanya lemak internal, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.
Mengurangi lemak internal dapat secara dramatis meningkatkan kesehatan kita.
•Mengurangi kalori saja tidak akan menghilangkan lemak bagian atas tubuh.
•Untuk menghilangkan kelebihan berat ini, hanya ada satu jalan yaitu mengubah persentase massa tubuh kita dengan pengaturan kalori, protein dan berolah raga.

Bagian Bawah
Lemak kita sebagian besar terkonsentrasi di tubuh bagian bawah, yaitu pada pinggul dan paha. Biasanya dialami oleh sebagian besar wanita yang terkena obesitas.
•Sebagian lemak pada bagian bawah tubuh disebabkan oleh faktor genetik, dan sebagian disebabkan oleh pola makan.
•Kabar yang sedikit baik adalah, jenis lemak ini tidak menyebabkan masalah kesehatan spesifik.
•Tetapi kabar buruknya mengurangi asupan kalori dan meningkatkan aktivitas olah raga mungkin tidak akan cukup untuk mengurangi lemak bagian bawah tubuh.
•Konsumsi lebih banyak protein dan sertakan latihan pembentukan bagian bawah tubuh dalam aktivitas olah raga kita.

Proporsional
Saat berat badan bertambah, lemaknya menyebar secara proporsional ke seluruh tubuh kita.
•Kita mungkin tidak akan menyadari bobot tubuh kita telah bertambah karena menyebar ke seluruh tubuh.Proporsional tidak hanya berarti bentuk tubuh yang sudah enak dilihat, tetapi bisa juga proporsional gemuknya alias gemuk bagian atas dan bagian bawah secara merata.

3.Mengukur badan kita

berat badan ideal
Berapakah berat badan kita

Berat badan yang tertera di timbangan dapat dikatakan sebagai berat kotor tubuh kita, karena di dalam tubuh terdapat banyak komposisi seperti otot, tulang, mineral,  lemak  dan  jaringan bukan lemak lainnya.Semakin besar massa otot kita,maka akan semakin banyak kalori yang dibakar oleh tubuh . Ingat, meskipun kita ingin menyingkirkan lemak tetapi kita tetap membutuhkan lemak tubuh agar tetap sehat asalkan dalam jumlah yang semestinya. Lemak menyimpan tenaga yang dibutuhkan oleh otot dan berperan sebagai penyerap goncangan tubuh. Kekurangan lemak tubuh sama tidak sehatnya dengan kelebihan lemak tubuh. 

Dan yang perlu diingat, pengukuran itu penting karena angka-angka yang dihasilkan akan menjadi fondasi kita untuk menentukan program diet yang benar.
Cara yang paling mudah untuk mengukur badan kita adalah dengan memasukan data di :

setelah itu akan keluar hasil seperti berikut :

Body Mass Index:   33.3  kg/m2
Waist-to-Height ratio:   0.67
Percent Body Fat:   32.1%
Lean Body Mass:   73.3 kg

You are overweight by 27.3 kilograms (60.1 pounds)
You need to exercise at least 30 minutes every day.
Minimum caloric requirements: 2304 Calories per day
Limit your food intake to 1958 calories per day.
to lose 1.2 Kg per month.
Your diet should contain at least 64 grams of protein per day.

Yang harus diperhatikan dari angka-angka di atas adalah :

1.BMI (Body Mass Index) : Ini merupakan patokan dasar apakah kita kegemukan atau tidak.BMI di atas 30 dapat dikategorikan gemuk, tetapi angka ini tidak begitu akurat apabila kita adalah bodybuilder seperti Ade Rai.

2.Percentage of Body Fat : Ini merupakan seberapa banyak komposisi lemak yang ada di tubuh kita, apabila menginginkan perut yang sixpack biasanya body fat harus diusahakan di bawah 10% untuk para pria dan dibawah 18% untuk para wanita.Berat? pastinya!

3.Minimum Caloric Requirements : Angka ini merupakan penentu program diet yang baik untuk kita.Apabila ingin membuang lemak alias membuat kurus badan, usahakan mengurangi 500Kal dari kebutuhan harian.Mengapa? Hal ini akan kita bahas lebih lanjut pada artikel selanjutnya.

4.Minimum Consumtion Protein : Angka pada baris paling bawah, yang menunjukkan jumlah minimal protein yang harus dikonsumsi dalam sehari (dalam contoh diatas : 64grams), kita ingin membuat otot yang lebih banyak daripada lemak sehingga dapat melakukan proses metabolisme yang lebih baik.Dan bahan baku pembentuk otot adalah Protein


Apa teman-teman sudah mengetahui langkah awal untuk menentukan program diet yang benar?
Mana suaranyaaaa yang menjawab sudah.....
Jangan lupa untuk tetap memegang teguh motivasi yang sudah kita buat.
Sekarang kita lanjut ke bagian mengatur pola makan diet

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bagaimana Memulai Program Diet
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sedangdiet.blogspot.com/2013/01/bagaimana-memulai-program-diet.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 comments:

Unknown said...

Assalammualaikum kak
Semoga penulis selalu di lindungi alloh amin
Artikel nya sangat bermanfaat sekali.
Oh ya kak boleh nggak saya minta alamat gmail nya
Atau nama gmailnya
Terimakaaih

Unknown said...

untuk melakukan diet yang benar memang harus memperhatikan dan menjaga pola makan ya mas, ada juga sih Wanita Yang Tidak Melakukan Diet Tetapi Tetap Bertubuh Langsing tapi ngga semua seperti itu ya

Post a Comment

| Copyright of program diet .